Mobil Tertabrak dan Terseret KRL Sejauh 15 Meter di Perlintasan Citayam-Depok

Mobil Tertabrak dan Terseret KRL Sejauh 15 Meter di Perlintasan Citayam-Depok

Depok, Jawa Barat (BERITAINFORMASIcom) – Mobil Honda Mobilio warna putih tertabrak KRL dari Bogor menuju Jakarta. Peristiwa itu terjadi di Jalan Rawa Geni sekitar pukul 06.45 WIB.

Meski mobil sempat terseret sejauh lima meter, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Sebab hanya ada satu orang dalam mobil tersebut.

“Mobil mau masuk ke Rawa Geni dari Depok. Sudah diteriakin berhenti tapi mobil tetap maju,” kata Hendi, penjaga perlintasan sebidang, Rabu, 20 April 2022.

Sopir mobil diduga tidak mendengar arahan penjaga perlintasan. Sehingga pengemudi nekat masuk melintas.

“Sopirnya kabur pas kejadian,” ungkapnya.

Saat ini petugas gabungan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok serta PT KAI masih berusaha mengevakuasi mobil. Kemacetan parah terjadi hingga kini.

Perjalanan KRL Terganggu

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, belum bisa menjelaskan secara kronologi kecelakaan. Hanya saja, kata dia, peristiwa itu menyebabkan perjalanan KRL terganggu.

“KAI Commuter memohon maaf atas kendala perjalanan yang terjadi di lintas Stasiun Citayam – Stasiun Depok sehubungan adanya mobil yang menemper KRL KA 1077 (Bogor – Jakarta Kota) di Kilometer 34+4/5 antara dua stasiun tersebut,” kata Anne.

Insiden itu juga menyebabkan KRL KA 1077 mengalami kerusakan dan belum dapat melanjutkan perjalanan kembali.

Saat ini, katanya, di lokasi sudah ada petugas yang melakukan penanganan agar lalu lintas KRL bisa tetap beroperasi. Perjalanan KRL di lokasi diatur bergantian menggunakan satu jalur yang masih dapat dilalui kereta.

“Sementara pengguna yang berada di KA 1077 dievakuasi bertahap ke kereta-kereta tujuan Manggarai dan Jakarta Kota yang melintas di lokasi menggunakan satu jalur tersebut, antara lain menggunakan KA 1079 dan KA 1661,” jelasnya.

KAI Commuter juga melakukan rekayasa pola operasi perjalanan KRL untuk tetap melayani pengguna. Yaitu KA 1054 relasi Jakarta – Bogor perjalannya hanya sampai Stasiun Depok untuk kembali menjadi KA 1097 relasi Depok – Jakarta Kota

Proses evakuasi pengguna, penanganan sarana KRL, dan evakuasi mobil yang menemper kereta, perjalanan KRL di lintas Bogor – Depok PP akan berdampak terhadap waktu perjalanan dan waktu tunggu di stasiun.

“Para pengguna yang masih menunggu di stasiun kami imbau untuk bersabar dan tidak memaksakan diri naik ke dalam KRL yang telah terisi sesuai ketentuan. Utamakan selalu keselamatan dan kesehatan dalam menggunakan KRL,” dia mengimbau.

KAI Commuter mengajak masyarakat khususnya pengguna jalan untuk senantiasa waspada, berhati-hati, dan mendahulukan perjalanan kereta saat melintas di perlintasan sebidang.

“Gunakan perlintasan sebidang yang telah disediakan oleh pemerintah sesuai aturan,” jelasnya.(Na/By/Sa/Ar/Na)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan