PDIP Minta Koperasi Jangan sengsarakan Anggotanya

PDIP Minta Koperasi Jangan sengsarakan Anggotanya

Jakarta (BERITAINFORMASIcom) – Ketua Umum Partai Demokrasai Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putri meminta seluruh kepala daerah khususnya dari Partai PDIP untuk menguatkan Koperasi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, hal tersebut disampaikan

Hal tersebut mengemuka dalam webinar yang dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Direktur Utama (Dirut) Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Supomo. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP Bidang Bidang Usaha Kecil dan Koperasi Mindo Sianipar, serta Eriko Sotarduga dan Hamka Haq juga turut hadir.  Kegiatan dilakukan secara hybrid dari Kantor Pusat DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin 13 Desember 2021.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan kepala daerah dari PDIP harus aktif mencari akses pendanaan untuk memajukan ekonomi rakyat lewat koperasi. Sebab, dengan pengembangan koperasi, maka masyarakat juga memiliki pilihan untuk tumbuh dari segi kesejahteraanya.

“Kalau praktik dicari tentang bagaimana pelatihan-pelatihan ekonomi kerakyatan, itu sudah ribuan yang dilatih partai. Sekarang kami lihat spirit berdaulat di bidang pangan itu bergema kuat,” kata Hasto, dalam keterangannya.

Diakui Hasto, program dari kementerian yang dipimpin Teten tersebut sangat dinanti. Terlebih lagi saat ini masih pandemi COVID-19. Apalagi Presiden Joko Widodo selalu mendorong para menteri untuk menguatkan ekonomi kerakyatan.

“Karena amanat konstitusi sangat jelas. Bahwa prinsip keadilan sosial dalam sila kelima Pancasila yang dimasukkan Bung Karno, sebagai suatu prinsip agar tidak ada kemiskinan dalam alam Indonesia merdeka,” jelas Hasto.

Dalam konstitusi pula, lanjut Hasto, bahwa Negara memiliki peran untuk merawat rakyatnya yang tergolong miskin. Koperasi menurut dia, adalah salah satu dari jawaban itu.

“Koperasi harus menjadi gerakan perekonomian rakyat. Koperasi adalah usaha bersama dan menjadi wahana terbaik yang ideologis bagi perjuangan meningkatkan kesejahteraan anggota. Karena itulah mengapa koperasi berasaskan kekeluargaan, artinya prinsip tolong menolong dan setiap anggota berkedudukan setara. Itulah hakekat demokrasi ekonomi,” urai Hasto.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dikesempatan tersebut mengatakan, konsep ekonomi berbasis koperasi yang digagas oleh Soekarno-Hatta sejalan dengan spirit gotong royong yang selama ini menjadi landasan ideologis seluruh kader PDIP.

Menurut Teten, terjemahan ekonomi koperasi, ide awalnya berangkat dari asas kekeluargaan yang mana tercantum dalam Pasal 33 UUD 1945.(Na/Bi/Sa/Ry)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan