Menkopolhukan Enggan Buka Nama Anggota DPR Dihubungi Sambo

Menkopolhukan Enggan Buka Nama Anggota DPR Dihubungi Sambo

Jakarta (BERITAINFORMASIcom) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD enggan membeberkan nama anggota DPR yang diduga sempat dihubungi Irjen Ferdy Sambo.

Ia menyebutkan, mantan Kadiv Propam Polri itu sempat menghubungi berbagai pihak untuk menyebarkan skenario tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

“Saya punya nama, tapi tidak saya sebut. Karena saya hubungi yang bersangkutan tidak diangkat, sehingga kalau saya sebut tidak etis,” papar Mahfud saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2022

Adapun Mahfud memenuhi panggilan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI untuk dimintai informasi soal dugaan adanya anggota DPR yang berhubungan dengan Sambo.

Ia menilai tak ada masalah pada siapa pun yang coba dihubungi Sambo. Pasalnya, hal itu bukan merupakan suatu tindak pidana.

“Kenapa harus dipaksa untuk menjelaskan siapa, mungkin yang dihubungi ada ratusan orang agar percaya kan tidak apa-apa, yang penting tidak menggunakan jawabannya,” ujar dia.

Mahfud mengatakan, Sambo dan beberapa loyalisnya memang mencoba untuk menghubungi berbagai pihak pascakematian Brigadir J.

Tujuannya agar semua pihak percaya bahwa peristiwa itu terjadi karena tembak-menembak Brigadir J dan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E.

“Pak Sambo itu membuat prakondisi agar orang percaya bahwa di situ terjadi tembak-menembak dan yang menembak, membunuh itu Bharada E,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua MKD Aboe Bakar Al-Habsyi menyampaikan, pihaknya mengundang Mahfud untuk mengklarifikasi dugaan keterlibatan anggota DPR pascakematian Brigadir J.

Aboe mengungkapkan, berdasarkan keterangan Mahfud, tidak ada anggota Parlemen yang terlibat.

“Tapi, tidak ada (anggota DPR yang terlibat) ternyata. Jadi tidak ada, dan Pak Mahfud menjelaskan itu, dan ini membuktikan MKD melaksanakan tugasnya,” tuturnya.(Na/By/Sa/Ar/Na)

 

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan