Pemerintah Pastikan Tiga Orang Tewas Tertular Atraks

Pemerintah Pastikan Tiga Orang Tewas Tertular Atraks

“Untuk kasus antraks sudah ada tiga orang di Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Mereka terkonfirmasi positif antraks yang ditularkan dari hewan ternak,” kata Nadia dikonfirmasi, Selasa 05 Juli 2023.

Saat ini, kata Nadia, pihaknya masih melakukan penyelidikan epidemiologi kasus tersebut yang menularkan tiga warga. Hal ini dilakukan untuk mengukur sebaran hingga penyebab pasti penularan virus tersebut.

“Berdasarkan hasil tes serologi sementara ada 93 pasien yang positif antraks. Untuk warga yang meninggal itu memang menunjukan hasil positif antraks melalui pemeriksaan genom sekuensing (pelacakan),” ujar Nadia.

Menurut Nadia, kasus antraks ini menjadi kasus perdana di tahun 2023. Lantaran, pada tahun sebelumnya belum ada laporan kasus antraks.

“Baru kasus ditemukan di Gunungkidul yang terjadi pada tahun ini dengan 93 positif. Kami juga terus melakukan penyelidikan epidemiologi,” ujar Nadia.

Nadia menjelaskan, sebagian pasien yang positif masih menjalani perawatan medis. Kemudian, sebagain lagi sudah dinyatakan sembuh.

Sisi lain, ia mengungkapkan, hewan sapi bisa tertular saat memakan rumput mengandung virus antraks. Ada juga kemungkinan virus antraks yang selama ini mengendap di bawah tanah.

“Terangkat karena aktivitas penggarap. Sebab antraks bisa bertahan hidup lama di permukaan tanah,” ujarnya.(Na/By/Sa/Ar/Na)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan